1/04/2010

Sejarah Kec. Sadu

Kecamatan Sadu adalah salah satu Kecamatan  yang ada di Kabupaten  Tanjung Jabung Timur dan merupakan salah satu daerah yang terletak  di pantai timur daerah Provinsi Jambi  Secara historis, Pemerintah Kec. Sadu dibentuk dengan Ketetapan Bupati Tanjung Jabung Timur sebagai salah satu Kecamatan yang mampu berdiri sendiri, dan dinyatakan sebagai Daerah yang sederajat dengan Kecamatan yang Lain.dalam lingkungan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.
Dengan dibentuknya Kec. Sadu, maka sejak itu pula Kecamatan Sadu  resmi menjadi Suatu Kecamatan yang terdiri dari beberapa Desa.  dengan demikian  Kec.Sadu  pernah menjadi bagian dari Kecamatan Nipah Panjang. sebelum terjadi pemekaran.pada saat itu, Kec.Nipah Panjang masih di bawah Kabupaten Tanjung Jabung.

Memperhatikan jarak waktu antara Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan dibentuknya Pemerintah Kec.Sadu, terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini  jelas menunjukkan bahwa Pembentukan Pemerintah Otonom Kecamatan saat itu sangat dipengaruhi oleh jiwa dan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Meskipun menurut catatan sejarah, pendirian Kec.Sadu bersamaan dengan berdirinya Kabupaten Tanjung Jabung Timur, namun hari jadinya ditetapkan, sesuai Peraturan Daerah (Perda). Hingga saat ini Kec.Sadu  telah pernah dipimpin oleh lima orang Camat dan di bantu oleh para staf dan sembilan kepala Desa.
     Letak Daerah Sangat Strategis, karna letak nya sangat dekat dengan laut serta merupakan perbatasan daerah Provisi jambi dengan Kepulauan Riau. selain itu Sadu merupakan tempat persinggahan kapal-kapal dari laut yang akan masuk dan menuju ke daerah propinsi jambi.
Kecamatn Sadu memiliki sembilan Desa yang cukup sederhana, dan masih dalam tahap pembangunan. letak desa tersebut memanjang di sepanjang pantai Tanjung Jabung. Sungai Lokan adalah merupakan Ibukota kecamtan sadu. ada pun Desa yang terdapat di kecamatan sadu yaitu:
  1. Sungai Lokan Sebagai Ibukota kecamatan.
  2. Sungai Itik
  3. Sungai Jambat
  4. Sungai Sayang
  5. Sungai Jawi
  6. Sungai Remau Baku Tuo.
  7. Sungai Cemara
  8. Air Hitam Laut
  9. Sungai Benuh

4 komentar:

  1. wah blog yang sudah lama kucari....tolong dong posting juga poto" kecamatan sadu,, ku skrang tgal disulawesi.... uda 12 tahunan. aku lahir di sungai itik. aq sd di SDN 81 sungai lokan.. wah gmana ya kbrnya disana !!! insya Allahh kalo ada rejeki dan kesemptan aku kesana ahhh... add fb ku yah hisbul.watan1@gmail.com
    sapa tahu anda salah satu teman kecilku, atau bisa jadi guruku, atau cinta monyetku hahahahaha

    BalasHapus
  2. salam kenal....!!
    ne saya juga asli sadu...!!
    sory ya ru kebaca, maslah nya saya ru mau ngerapiin blog ini lagi, kemarin saya gak sempat dengan kesibukan kuliah....!!
    tenang ja,.. low mau nanya2 tentang kampung kelahiran kamu, aku tau semua ko'...!!??
    ok entr saya pelan2 saya apload buat semua nya...!!

    BalasHapus
  3. Haa... salam sadu kampung ku parit 2 nenek ku punya.. haaaaa

    BalasHapus
  4. Saya jg lahir di sei lokan tp sudh 15 thun ga pernah kesana lagi, tp abang sayaa masih tnggal disana kok mungkin ada diantara saudara/ri yg kenal namanya bang sastra..Salam tanah kelahiran

    BalasHapus